Kamis, 07 Juli 2016



Bermula dari huruf. Terangkai menjadi kata. Menjelma rangkaian kalimat. Membentuk suatu paragraf. Tercipta mahakarya, yang berpotensi mengubah dunia. Itulah kekuatan kata-kata. Mengapa seperti itu? Simak ulasan opini dari dr. Dito Anurogo berikut!

Tiada kata, tiada ilmu. Karena ilmu diwariskan melalui kata-kata yang ditulis melalui pena. Tiada kata, tiada komunikasi. Tanpanya, dunia menjadi hening dan sunyi. Kata-kata menjadi media paling efektif di dalam menyampaikan isi hati, gagasan, maupun opini. Tiada kata, tiada makna. Hanya kata-kata bermakna yang berpotensi menggerakkan peradaban, untuk kemudian mencerahkan dunia. Tiada kata, tiada cinta. Cinta adalah getaran hati yang diekspresikan melalui kata. Seorang hamba mengekspresikan cinta kepadaNya melalui doa. Doa adalah ratapan jiwa yang kedahsyatannya mampu menggetarkan semesta. Melalui doa, manifestasi kata-kata suci, semua yang mustahil menjadi mungkin, semua yang gelap menjadi terang. 

Melalui kata, berbagai profesi berpotensi mencerahkan dunia. Sebagai contoh: Dokter menasihatkan pola hidup sehat. Dengan nasihat itu, keluarga menjadi sehat. Masyarakat menjadi kuat. Kesejahteraan bangsa meningkat. Persahabatan antarbangsa menjadi semakin erat. Semua ini bermula dari kata.

Contoh lain. Seorang Ilmuwan, menuliskan beragam pemikiran dan penemuannya dalam jurnal. Jurnal itu menjadi sumber rujukan. Berbagai kebijakan tercipta bersumber darinya. Teknologi pun menjadi semakin efektif dan efisien karenanya. Semua ini bermula dari kata-kata yang tertulis. Melalui kata, semua diri kita, mampu mengubah dunia ini menjadi lebih baik dan beradab. Itu mengapa 'kata' mampu cerahkan dunia!


Biodata Penulis:
Dito Anurogo, dokter digital/online di detik.com, penulis 18 buku (Salah satunya: “The Art of Medicine”, diterbitkan Gramedia, 2016), S2 IKD Biomedis FK UGM Yogyakarta, ketua UKM Jurnal Paradigma HMP UGM, ketua forum kewirausahaan sosial Yogyakarta – Jawa Tengah.


0 komentar:

Posting Komentar

Menusa Community

Menusa Community

NULIS BABE NEWS

Jadi Jutawan Cuma Modal Nulis
Mengintip Nusantara. Diberdayakan oleh Blogger.

Total Pengunjung

Projek Kami

Sekolah Online Menusa Community

Jenis Tulisan

Email Kami

Kirimkan kritik dan saran anda ke mengintip nusantara redaksi di mengintipnusantararedaksi@gmail.com

Tim Menusa

Tim Menusa
Semua isi web ini dikelola oleh tim menusa creative management. Hubungi Menusa Creative Management sebagai media partner anda. 08992458233